SELAMAT DATANG DI WEB SENKOM LOKAL01 KOTA KOTAMOBAGU SEMOGA BERMANFAAT SENKOM MENEMBUS JARAK TANPA BATAS

Chating Dengan Admin

Ketua Senkom Kotamobagu

Ketua Senkom Kotamobagu
Suheriyanto,S.Km

Penulis Blog

Penulis Blog
Kang Aan Sulut.01.10

POLRES BOLMONG


.

Popular Posts

Selasa, 12 Juli 2011

Gunung Lokon Meletus,900 Warga Dievakuasi

 
TOMOHON -- Gunung Lokon, di Minahasa, Sulawesi Utara, Selasa 12 Juli, kembali memuntahkan abu vulkanik. Pantauan wartawan koran ini, abu vulkanik yang dimuntahkan gunung itu diperkirakan mencapai ketinggian ratusan meter.

Gejala-gejala yang ditimbulkan ini sendiri membuat tim tanggap darurat dan segenap stakeholder mulai siaga guna mengantisipasi hal terburuk yang bakal terjadi di Kota Tomohon.

Ketua Tim Tanggap Darurat, Hendra Gunawan kepada sejumlah wartawan

mengungkapkan, letusan didahului dengan adanya gempa tremor dan vulkanik dangkal. “Kami berharap masyarakat tetap waspada, sebab letusan bisa saja terjadi,” ujar Gunawan.

Di saat tim akan melakukan gelar pasukan sekitar pukul 13.20 Wita, Gunung Lokon kembali memuntahkan material debu vulkanik yang luar biasa besar mengarah ke wilayah Kecamatan Tateli, Sea, dan Malalayang.

“Saat ini yang perlu diwaspadai adalah letusan yang mengakibatkan awan panas. Pasalnya, hanya dalam jarak 100 meter warga yang terkena bisa mengalami luka bakar,”  ujarnya. Ditambahkannya, pasca muntahan abu vulkanik, Gunung Lokon kembali menunjukkan penurunan gempa tremor.

Jika sebelumnya mencapai 40 milimeter, kini hanya 0,5 milimeter saja dari catatan seismografi,” ungkap Gunawan.

Aktivitas Gunung Lokan yang selang beberapa hari ini tidak stabil, membuat warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi mulai panik. Untuk menenangkan kepanikan warga Kapolda Brigjen Polisi Carlo Tewu, Dandim Minahasa Letkol Inf Theo Kawatu, Plt Sekot Tomohon Drs Arnold Poli dan Kapolres Tomohon AKBP Marlien Tawas langsung turun di lapangan memantau perkembangan terkini aktivitas gunung tersebut.

Kapolda Brigjen Polisi Carlo Tewu mengungkapkan untuk membantu evakuasi warga, Polda Sulut telah menyiagakan dua kompi Brimob dan satu kompi peleton Sabhara.

Menurutnya, warga yang meninggalkan rumah, tidak perlu khawatir sebab aparat akan menjaganya. “Saya berharap agar warga tetap berdoa sehingga tak ada korban jiwa kalau terjadi hal yang paling buruk

0 komentar:

Posting Komentar